Rabu, 17 Agustus 2011

Gangguan Mood merupakan gangguan yang mencakup berbagai gangguan emosi yang membuat seseorang tidak dapat berfungsi mulai dari kesedihan pada depresi hingga mania.
 
Orang yang mengalami gangguan mood di tandai dengan kesedihan yang mendalam yang amat sangat,perasaan yang tidak bersalah dan menganggap dirinya sudah tak berarti lagi,tidak dapat tidur, minat dan kesenangan terhadap suatu aktivitas berkurang atau pun hilang. Ada beberapa cara untuk untuk mengatasi gangguan mood ini yaitu dengan cara terapi dan pemberian obat yang di awasi dan di tentukan dosisnya
 
  Depresi dan gejala sindrom
Depresi merupakan kondisi emosional yang biasanya di tandai dengan kesedihan yang amat sangat, perasaan tidak berarti dan bersalah, menarik diri dengan orang lain dan tidak dapat tidur ,kehilangan selera makan,   hasrat seksual serta minat kesenangan dalam aktivitas apapun  yang biasa dilakukan.
Depresi sering kali behubungan dengan masalah psikologis lain, seperti serangan panik, penyalagunaan zat adiktif, disfungsi sosial dan gangguan kepribadian.
. Mereka tidak dapat dengan mudah memahami  apa yang mereka baca dan yang mereka katakan. Percakapan merupakan suatu bentuk pekerjaan, orang-orang mengalami depresi biasanya berbicara dengan sangat lambat, setelah lama terdiam, hanya menggunakan beberapa kata dan nada suara yang monoton yang rendah. Banyak dari mereka yang sering duduk menyendiri dan berdiam diri.

Mania dan Gejala Sintom
 
Mania adalah kondisi emosional atau mood yang intens, namun merupakan kegembiraan amat sangat, yang tidak beralasan atau mudah tersinggung yang disertai dengan hiperaktivitas, banyak aktivitas, banyak berbicara, pikiran yang sering meloncat-loncat, perhatian yang mudah teralih dan rencana yang tidak praktis serta kehilangan kesabaran(grandious). 
Orang berda dalam periode episodik mania, yang berlangsung beberapa hari hingga beberapa bulan,dapat segera di kenali melalui rentetan kata-kata yang di ucapkan dengan keras tanpa henti, terkadang penuh dengan kata-kata konyol,gurauan,puisi, dan komentar denganberbagai objek dan kejadian di sekitar yang menarik perhhatian si pembicara. Meskipun pembicaraannya terkadang logis namun sering melompat-lompat ke topik satu ke topik lain.
 
Gangguan Mood Kronis
Kriteria episode manik dalam DSM-IV-TR( gangguan kronis mayor):
Mood yang melambung atau mudah tersinggung selama kurang-kurangnya seminggu, di tambah 3 dari 4 kondisi berikutini( 4 jika moodnya mudah tersinggunelompat-lompat)
Meningkatnya kadar aktivitas dalam pekerjaan secara sosial atau seksual.
Lebih banyak bicara di banding biasanya, cara bicaranya lebih cepat.
Pikiran yang yang melompat
Yakin bahwa dirinya lah yang istimewa
Mudah tersinggung dan terganggu.
Ingin selalu eksis dalam suatu aktivitas.
Gangguan Mood dan emosi
 di bagi atas 3 dimensi:
Afek negatif mencakup distress dan mood negatif. Dalam dimensi orang-orang yang mengalami kecemasan dan depresi memiliki skor yang lebih tinggi.
Afek positif, suatu kecendrungan mengalami mood yang menyenangkan dan positif. Orang yang mengalami depresi pada dimensi ini memiliki skor yang lebih rendah di banding orang-orang yang mengalami kecemasan.
Kecemasan somatik, pada dimensi ini kecemasan memiliki skor yang lebih tinggi dibanding dengan orang yang yang mengalami depresi. Ada pula gejala fisik yang menandai pada dimensi ini: telapak tangan sering berkeringat dan dan denyut nadi lebih cepat.
Terapi Gangguan Mood
Terapi psikologis depresi
Terapi Kognitif dan Perilaku
Terapi Kognitif Berbasis Pola Pikir.
Pelatihan Keterampilan Sosial
Terapi Aktivasi Behavioral
Terapi Elektrokonvusif
Terapi Obat

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar